T-Test
Skor/nilai
dari suatu pengujian kompetensi siswa dalam suatu kelas dimana sebelum dan
setelah tes mempunyai nilai sebagai berikut. nilai X sebanyak 20 siswa dengan nilai
tertentu, dan dilakukan pengujian nilai (Pra) data X1, setelah
dilakukan percobaan nilai, lalu dilakukan pengujian nilai kembali (Post) data X2.
Tentukan;
Apakah
terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil percobaan kekerasan bahan?
•
Ho;
Tidak tedapat perbedaan nilai X sebelum dan setelah tes nilai, pada α = 0.05
Percobaan
|
Langkah
|
|||||
Sebelum
|
Sesudah
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|
X1
|
X2
|
(X1-X2)
|
Σ(X1-X2)/N
|
K=(II-I)
|
K2
|
|
1
|
9.0
|
14.0
|
-5.0
|
1.9
|
6.9
|
47.6
|
2
|
8.0
|
13.0
|
-5.0
|
1.9
|
6.9
|
47.6
|
3
|
8.0
|
15.0
|
-7.0
|
1.9
|
8.9
|
79.2
|
4
|
15.0
|
16.0
|
-1.0
|
1.9
|
2.9
|
8.4
|
5
|
8.0
|
10.0
|
-2.0
|
1.9
|
3.9
|
15.2
|
6
|
12.0
|
13.0
|
-1.0
|
1.9
|
2.9
|
8.4
|
7
|
11.0
|
14.0
|
-3.0
|
1.9
|
4.9
|
24.0
|
8
|
19.0
|
6.0
|
13.0
|
1.9
|
-11.1
|
123.2
|
9
|
14.0
|
10.0
|
4.0
|
1.9
|
-2.1
|
4.4
|
10
|
23.0
|
6.0
|
17.0
|
1.9
|
-15.1
|
228.0
|
11
|
8.0
|
13.0
|
-5.0
|
1.9
|
6.9
|
47.6
|
12
|
19.0
|
9.0
|
10.0
|
1.9
|
-8.1
|
65.6
|
13
|
17.0
|
12.0
|
5.0
|
1.9
|
-3.1
|
9.6
|
14
|
16.0
|
6.0
|
10.0
|
1.9
|
-8.1
|
65.6
|
15
|
18.0
|
9.0
|
9.0
|
1.9
|
-7.1
|
50.4
|
16
|
9.0
|
14.0
|
-5.0
|
1.9
|
6.9
|
47.6
|
17
|
9.0
|
12.0
|
-3.0
|
1.9
|
4.9
|
24.0
|
18
|
9.0
|
11.0
|
-2.0
|
1.9
|
3.9
|
15.2
|
19
|
12.0
|
9.0
|
3.0
|
1.9
|
-1.1
|
1.2
|
20
|
11.0
|
5.0
|
6.0
|
1.9
|
-4.1
|
16.8
|
MIN
|
12.75
|
10.85
|
38
|
|
|
929.8
|
BEDA
|
1.9
|
|
|
|
|
•
Kriteria
uji; Terima Ho; (ttes < ttabel)
1. Varians (sd2) = K2 /
(N-1)
=
929,8 / (20-1)
=
48,88
2. Standar Deviasi = √sd2
= √48,88 = 6,99
3. Ralat Standar Perbedaan = sd/√N
=
6,99 / √20 = 1,56
4. t = skor purata perbedaan / ralat
standar perbedaan
=
1,9 / 1,56 = 1,22
5.
df = N-1 = 20 – 1 =
19
6. t tabel ; df = 19, p <
0.05 = 2.09
7. Keputusan
Nilai t tes (1.22) adalah
lebih kecil berbanding ttabel (2.09), oleh karena itu, tes ini gagal
menolak Hipotesis nul. Keputusan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan
yang signifikan terhadap hasil percobaan. Hasil tes untuk siswa X tidak
berkesan atau tidak berpengaruh terhadap peningkatan nilai bahan tsb secara
umum pada taraf signifikan 0.05.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar